Pengabdian Masyarakat oleh Dosen D3 Farmasi

Kamis, 24 Mar 2022, 11:39:34 WIB - 95 View
Share

Dosen Prodi D3 Farmasi STIKes Duta Gama Klaten ajak warga Wonosobo Barat gunakan obat dengan bijak. Kegiatan tersebut dilakukan oleh apt. Hanung Sumbogo Jati, S. Farm M. Sc dan apt. Septian Maulid, M. Farm pada bulan Desember 2021, dalam rangka pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi. Mahasiswa Farmasi STIKes Duta Gama Klaten juga turut berpartisipasi dalam mengkampayekan penggunaan obat. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di aula Kantor Kelurahan Wonosobo Barat sebagai bentuk pendampingan kepada warga tentang penggunaan obat.  Meskipun kegiatan dilakukan secara tatap muka langsung  di era pandemi covid-19, protokol kesehatan tetap dijalankan dengan baik.

Tema pengabdian masyarakat kali ini adalah “Bijak Dalam Menggunakan Obat” dan “DAGUSIBU Obat, Dapatkan Gunakan Simpan dan Buang”. Warga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut yang menginformasikan cara memperoleh hingga membuang obat. Menurut observasi yang dilakukan, banyak warga yang belum mengetahui penyimpanan dan pembuangan obat yang benar. Dalam hal ini, warga kurang mendapat informasi yang lengkap saat pertama kali mendapatkan obat.

Persiapan kegiatan pengabdian masyarakat dimulai pada bulan november 2021, bermula dari pertemuan tim pengabdian masyarakat dengan kepala desa wonosobo barat. Melalui pertemuan ini didapatkan fokus masalah mengenai penggunaan obat pada warga desa wonosobo barat yang akan diselesaikan dengan metode penyuluhan dagusibu obat. Selanjutnya persiapan dokumen perizinan dan penyusunan jadwal kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan jajak tanya jawab untuk mencairkan suasana dan interaksi langsung agar suasana semakin akrab sehingga materi acara dapat tersampaikan dengan baik. Kemudian pemaparan materi yang disampaikan oleh tim dosen farmasi dengan gaya yang bersahabat dan menyenangkan. Dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai materi dagusibu obat. Diskusi mengenai obat melibatkan warga wonosobo barat di pandu oleh dosen dan mahasiswa d3 farmasi yang juga sedang melaksanakan kegiatan Program Kesehatan Masyarakat Desa. Hasil kegiatan tersebut berupa peningkatan pengetahuan warga wonosobo barat mengenai cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Warga berharap kegiatan seperti ini akan berlanjut setiap tahun.

STIKES DUTAGAMA KLATEN Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Duta Gama Klaten merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta yang terletak diantara kota surakarta dan yogyakarta, dibawah naungan Yayasan Mitra Insnai Klaten. Kampus ini telah beridiri sejak 5 September 2005 dengan Nomor SK PT 125DO2005 dan Tanggal SK PT 5 September 2005 , Sekolah Tinggi ini beralamat di Jl. Solo – Jogja KM.5 Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten, kabupaten/kota Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kode Post : 57465, Nomor Telp : 0272-332362, Fax : 0272-332363, Email : dutagama_klaten@yahoo.com
Vickyz Setiawan © 2017 - 2022 STIKES DUTAGAMA KLATEN Follow STIKES DUTAGAMA KLATEN : Facebook Twitter Linked Youtube