Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Posted by : Administrator
Share

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Deskripsi Penjaminan Mutu

Kegiatan sistemik penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi (internally driven), dalam rangka pengawasan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berkelanjutan (continuous improvement ).

Struktur Organisasi STIKES DUTA GAMA KLATEN

 

TINGKAT

NAMA STRUKTUR (PENJAMINAN MUTU)

PENANGGUNG JAWAB SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL

PENANGGUNG JAWAB

INSTITUSI

SPMI

(SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL)

KETUA

KETUA SPMI

PROGRAM STUDI

GPM

(GUGUS PENJAMINAN MUTU)

KAPRODI

KETUA GPM

 

Tugas SPMI

  1. Merencanakan , melaksanakan dan mengembangkan penjaminan mutu
  2. Menyusun perangkat pelaksanaan penjaminan mutu
  3. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan penjaminan mutu
  4. Melaksanakan dan mengembangkan audit internal
  5. Melaporkan pelaksanaan penjaminan mutu kepada Ketua
  6. Menyiapkan SDM penjaminan mutu (auditor)
  7. Konsultasi, pendampingan dan kerja sama di bidang penjaminan mutu
  8. Mengembangkan penjaminan mutu fakultas
  9. Melakukan sosialisasi penjaminan mutu di prodi
  10. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan penjaminan mutu di fakultas
  11. Melakukan koordinasi  dan merekap laporan penjaminan mutu GPMI

Rincian tugas utama yang dilakukan:

  1. Perencanaan
  1. Menyusun rencana kegiatan tahunan SPMI
  2. Menyusun struktur organisasi sistem penjaminan mutu
  3. Menyususn Manual Mutu
  4. Menyusun Standart, SOP, Instruksi Kerja dan Formulir
  5. Menyusun rencana sosialisasi penjaminan mutu
  6. Menyusun peningkatan mutu
  7. Menyusun rencana kegiatan audit mutu internal
  8. Menyusun kegiatan anggaran pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu
  1. Pengorganisasian
    • Melakukan koordinasi dengan sub unit penjaminan mutu jurusan
    • Membentuk panitia pelatihan mutu
    • Membentuk kepanitiaan workshop pelatihan mutu dan audit mutu
  1. Pelaksanaan

1. Melaksanakan evaluasi-evaluasi

    • Evaluasi pemahaman visi – misi
    • Evaluasi Proses pembelajaran
    • Evaluasi Soal Ujian
    • Evaluasi Kinerja
      • Dosen ( Tri Dharma, Pembimbing  TA)
      • Pembimbing Akademik
      • Pengawas Ujian
      • Tenaga Kependidikan
    •  Tracer Study ( Alumni, Stake holder)
    •  Evaluasi Kepemimpinan
    •  Evaluasi Kehadiran Dosen dan Mahasiswa
    • Mengatur penyelenggaraan Audit Mutu Internal dan memantau tindak lanjutnya
  1. Memelihara kompetensi Auditor Internal
  2. Mengawasi dan memelihara pelaksanaan SPMPT di lingkungan Poltekkes Surakarta
  3. Memandu, memfasilitasi dan mengkoordinasikan terlaksananya evaluasi internal dan eksternal SMP-PT di lingkungan Poltekkes Kemenkes Surakarta
  4. Melaporkan kepada Direktur tentang kinerja SPMPT di Poltekkes Kemenkes Surakarta dan kebutuhan untuk perbaikannya
  5. Memfasilitasi pemberian layanan penjaminan mutu berupa pendampingan di lingkungan Poltekkes Surakarta

D. Pengendalian dan evaluasi:

1. Mengawasi dan memelihara pelaksanaan SPMPT di lingkungan STIKES Duta Gama Klaten

2. Melakukan audit mutu internal dan audit Ekternal

3. Melaksanakan pertemuan manajemen mutu

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Duta Gama Klaten merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta yang terletak diantara kota surakarta dan yogyakarta, dibawah naungan Yayasan Mitra Insnai Klaten. Kampus ini telah beridiri sejak 5 September 2005 dengan Nomor SK PT 125DO2005 dan Tanggal SK PT 5 September 2005 , Sekolah Tinggi ini beralamat di Jl. Solo – Jogja KM.5 Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten, kabupaten/kota Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kode Post : 57465, Nomor Telp : 0272-332362, Fax : 0272-332363, Email : dutagama_klaten@yahoo.com
Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)© 2018 EJP Media Follow Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) : Facebook Twitter Linked Youtube